Mengukur Resistor Menggunakan Multimeter


Resistor merupakan komponen Elektronika Pasif yang memiliki nilai tahanan atau hambatan yang berfungsi sebagai pembatas dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronika.

Komponen elektronika ini memiliki dua pin dan didesain untuk mengatur tegangan listrik dan arus listrik. Resistor mempunyai nilai resistansi (tahanan) tertentu yang dapat memproduksi tegangan listrik di antara kedua pin dimana nilai tegangan terhadap resistansi tersebut berbanding lurus dengan arus yang mengalir. Seperti yang kamu ketahui, Resistor adalah komponen elektronika yang fungsinya sebagai hambatan listrik, hampir setiap peralatan elektronika terdapat komponen resistor.

Cara mengukur sebuah resistor cukup mudah tujuannya untuk mengetahui nilai resistansi pada resitor, apakah resistor itu masih dalam kondisi bagus atau rusak. Mengukur resistor bisa menggunakan Digital Multi-Meter (DMM) bisa juga menggunakan Multimeter Analog atau bisa juga menggunakan ohm meter.

Cara Mengukur Resistor Menggunakan Multimeter Analog


  1. Sebelum memulai pengukuran, periksa multimeter apakah sudah terkalibrasi. Jika belum kalibrasikan multimeter dengan cara memutar skrup pengatur jarum menggunakan tespen lalu putarlah ke angka 0
  2. Perlu diketahui sebelum mengukur resistor sekiranya kamu sudah tau berapa perkiraan hambatan resistor yang akan di ukur apakah resistor tersebut 1 ohm, 10 ohm, 47 ohm 91 ohm dan seterusnya.
  3. Putarlah Selektor pada multimeter pada posisi yang sesuai dengan perkiraan nilai hambatan yang akan kamu ukur, misal kamu akan mengukur resistor dengan tahanan 100ohm maka selektor diputar pada R (Ω) x1 atau R (Ω) x10.
  4. Letakan multimeter pada bidang yang datar, pasang kabel probe ke masing - masing lubang positif dan negatif.
  5. Tempelkan kedua probe pada masing masing - masing ujung resistor.
  6. Perhatikan papan skala multimeter catatlah hasil pengukuran resistor tersebut.

Cara Mengukur Resistor Menggunakan Multimeter Digital


Multimeter digital merupakan jenis multimeter yang telah menggunakan display digital sebagai penampil hasil ukurnya. Hasil ukur yang ditampilkan pada multitester digital merupakan hasil yang telah sesuai, sehingga tidak perlu dilakukan lagi perhitungan antara hasil ukur dan batas ukur.

Cara mengukur resistor menggunakan Multimeter digital cukup pasang kabel probe lalu tempelkan probe positif dan negatif ke masing - masing ujung resistor, maka hasil pengukuran akan terlihat pada display multimeter.

Jika hasil pengukuran mendekati atau sama dengan nilai resistor, dapat dipastikan resistor tersebut masih dalam kondisi bagus dan dapat digunakan. Apabila hasil pengukuran resistor tersebut jauh dari nilai resistor maka resistor tersebut dapat dipastikan rusak dan tidak bisa di gunakan.

Cara pengukuran resistor menggunakan multimeter digital maupun dengan multimeter analog cukup mudah. Namun perbedaan hasil pengukurannya dapat dilihat dari multimeter digital yang hasil pengukurannya cukup akurat dibanding dengan multimeter analog yang harus di kalikan terlebih dahulu.

Posting Komentar